{Cara Membuat Opor ayam putih laziz yang Renyah

Opor ayam putih laziz. Umroh.com merangkum, perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning. Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka.

Opor ayam putih laziz Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam. Meski belum diketahui asal daerahnya, menu ini paling banyak ditemui di pulau Jawa. Opor ayam menjadi sajian khas Idulfitri yang wajib hadir di atas meja. Cara membuatnya pun tidak sulit, kamu dapat menghidangkan Opor ayam putih laziz hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep Opor ayam putih laziz!

Bahan Opor ayam putih laziz

  1. Gunakan 3/4 kg ayam.
  2. Sediakan 2 ruas lengkuas.
  3. Gunakan 1-2 sereh.
  4. Sediakan 2 lembar daun salam.
  5. Sediakan 2 lembar daun jeruk.
  6. Gunakan bumbu halus.
  7. Siapkan 4-5 bawang putih.
  8. Sediakan 8-10 bawang merah.
  9. Siapkan 2 ruas jahe.
  10. Diperlukan 1 sdm ketumbar.
  11. Gunakan sejumput jinten sesuai selera.
  12. Dibutuhkan 1/4 sdt lada sesuai selera.
  13. Gunakan garam.
  14. Sediakan penyedap rasa (saya pake totole).
  15. Dibutuhkan 2-5 kemiri (sesuai selera).

Uniknya, ada dua jenis opor ayam, yakni kuning dan putih. Kamu bisa bikin opor ayam putih yang rasanya sama-sama enak. Inilah cara membuat dan resep opor ayam putih untuk sajian Lebaran. Sejujurnya saya enggan hendak membuatnya, hingga teringat jika versi opor putihnya belum pernah saya share.

Langkah-langkah memasak Opor ayam putih laziz

  1. Haluskan bumbu halus. lalu bawang merah di slice tipis lalu di goreng dulu sampai jd bawang goreng. setelah itu campur dengan bumbu halus tumis hingga matang tanak..
  2. Setelah ditumis hingga tanak lalu masukan ayam, campurkan ayam dengan bumbu. lalu tambahkan air masak ayam hingga empuk. atur rasa sesuai selera..
  3. Lalu masukan santan. matang lalu sajikan..

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Kuah opor yang terbuat dari campuran santan membuatnya terasa gurih dan lezat. Untuk olahan opor ayam sendiri terdapat dua macam, yaitu opor ayam kuning dan putih. Dari resep tersebut, bumbu opor ayam putih maupun kuning sangat mudah untuk dipraktekkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "{Cara Membuat Opor ayam putih laziz yang Renyah"

Posting Komentar