{Resep Opor ayam Untuk Pemula

Opor ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Resep Opor Ayam - Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Opor ayam Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti. Sobat dapat membuat Opor ayam hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep Opor ayam!

Bahan-bahan Opor ayam

  1. Siapkan 1/2 kg ayam.
  2. Diperlukan 2 gelas belimbing Air santan.
  3. Siapkan 2 gelas air putih.
  4. Dibutuhkan 2 lembar daun salam.
  5. Sediakan 1 batang serai.
  6. Siapkan 1/2 SDM garam.
  7. Dibutuhkan 1,5 SDM gula pasir.
  8. Siapkan Bumbu halus.
  9. Siapkan 5 bawang merah.
  10. Sediakan 2 bawang putih.
  11. Sediakan 1 sdt ketumbar (sangrai).
  12. Dibutuhkan 1/2 sdt Jinten.
  13. Siapkan 1/2 sdt butir merica.
  14. Diperlukan 2 biji kemiri (sangrai).
  15. Diperlukan 1 cm jahe.
  16. Sediakan 1 cm lengkuas.
  17. Dibutuhkan 1 ruas jari kunyit (dibakar terlebih dahulu).

Cara membuat opor ayam spesial lebaran - cara membuat opor ayam. Nikmatnya makan lontong sayur opor ayam , mertua sampai nambah-nambah ( menu spesial kita). Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk. Lihat juga resep "OPOR AYAM" by:Bunda tha enak lainnya.

Langkah-langkah membuat Opor ayam

  1. Cuci bersih ayam kemudian panggang ayam di atas panggangan atau teflon..
  2. Ulek bumbu halus sampai lembut, kemudian geprek serai diatas bumbu. Panaskan minyak diatas wajan, kemudian tumis bumbu halus dan daun salam. Tumis sampai berubah warna kecoklatan dan bau langu kunyit menghilang..
  3. Setelah bumbu berubah warna menjadi kecoklatan masukkan ayam, aduk2 sebentar. Kemudian tambahkan air, lalu tambahkan gula dan garam..
  4. Setelah rasanya pas tunggu sampai mendidih lalu tambahkan air santan. Kecilkan api sambil aduk2 sesekali sampai air mendidih dan ayam menjadi empuk. Kalau sudah empuk matikan api, dan hidangkan diatas piring/mangkok. Selamat mencoba๐Ÿค—.

Varian opor ayam tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap. Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Karena hidangan berkuah yang nikmat ini selalu dijadikan sayur sebagai pelengkap ketupat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "{Resep Opor ayam Untuk Pemula"

Posting Komentar